GUEST LECTURE PARASIT GASTROINTESTINAL PADA TERNAK OLEH PROF. MAKOTO MATSUBAYASI, Ph.D. SEBAGAI “ADJUNCT PROFESSOR”

Parasitolog dari Osaka Prefecture University Jepang, Prof. Makoto Matsubayashi, DVM, Ph.D. memberikan kuliah tamu tentang koksidiosis pada ternak. Tema yang disampaikan berjudul “Gastrointestinal Protozoan Parasites as an Important Factor for Reducing Productivity in Livestock.”Beliau adalah AdjuctProfessor di Divisi Parasitologi, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Beliau adalah ahli koksidiosis dan sudah banyak artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. Program Adjuct Professor ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi yang selama ini sudah terjalin antara Divisi Parasitologi FKH UNAIR dengan Osaka PrefectureUniversity. Diharapkan dengan program ini internasionalisasi FKH UNAIR melalui kolaborasi riset, publikasi, staf dan student exchange dan program lain menuju UNAIR Hebat QS WUR #200 semakin dekat.

“Sakura Program” untuk Dosen dan mahasiswa FKH UNAIR adalah program yang sudah dipersiapkan Prof. Makoto Matsubayashi sejak tahun 2020 segera terealisasi pada tahun ini. Kendala belum terealisasinya program ini karena pandemi COVID-19 yang belum kunjung berakhir.

Antusias peserta yang luar biasa dalam diskusi yang dipimpin moderator Prof. Dr. Muchammad Yunus, drh., M.Kes., Ph.D dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan tentang koksidiosis baik pada sapi, ayam dan babi beserta teknik diagnosisnya sampai melewati batas waktu yang diberikan. Kegiatan Guest Lecture ini diikuti oleh mahasiswa Prodi S1, S2, S3, PPDH, dosen FKH Unair, Alumni, organisasi profesi di bidang parasit P4I Cabang Surabaya dan APARVI.

Acara dipandu oleh dosen muda andalan Divisi Parasitologi, Aditya Yudhana, drh., M.Si. dimulai jam 09.00 WIB dan dibuka oleh Wakil Dekan 3, Bidang Penelitian, Pengmas dan Kerjasama, Prof. Dr. Mustofa Helmi Effendi, drh., DTAPH dan ditutup jam 11.30 oleh Prof.Dr. Nunuk Dyah R.L., drh., M.S. sebagai PIC kegiatan. Kesuksesan kegiatan ini, menurut Ketua Divisi Parasitologi, Dr. Poedji Hastutiek, drh., M.Si. tidak lepas dari semangat dosen Parasitologi dan support penuh dari Pimpinan Fakultas. Kegiatan guest lecture lanjutan akan dilaksanakan dengan topik yang lebih menarik di bidang Parasitologi. FKH Hebat, UNAIR HEBAT menuju #200 QS WUR segera terwujud. Aamiin.

Hits 75

Terpopuler






Berita Terbaru