Kuliah Tamu Divisi Reproduksi Veteriner – drh Amrozi, PhD.

Pada hari Jumat, 22 Oktober 2021 jam 7 pagi Divisi Reproduksi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga mengadakan kuliah tamu pertama di tahun 2021. Topik kuliah tamu yang diangkat adalah Recent Advances in Equine Reproduction, tema yang sangat menarik karena bahasan tentang reproduksi pada kuda selalu ingin dibahas di perkuliahan menurut mahasiswa. Pembicara / Narasumber yang diundang adalah Dosen dan Praktisi Kuda FKH IPB University, drh. Amrozi, PhD. Narasumber merupakan lulusan S3 PhD in Biology of Reproduction, United Graduate School of Veterinary Sciences, Yamaguchi University, Jepang. Drh Amrozi memberikan kuliah tamu melalui Zoom Meeting yang juga disiarkan melalui Live Streaming Youtube : FKH Unair.

Kuliah tamu dihadiri oleh 289 mahasiswa S1 dan PPDH, 24 Dosen FKH Unair dan 30 dokter hewan dari seluruh Indonesia. Rangkaian agenda kuliah tamu diawali dengan menampilkan video profil FKH Unair, profil Prodi Magister dan Doktoral FKH Unair sebagai bentuk branding Fakultas sekaligus mengenalkan ke masyarakat. Acara selanjutnya yaitu pembukaan yang dilakukan oleh MC (Ragil Angga Prastiya, drh., M.Si.), sambutan acara kuliah tamu diberikan oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, DrRimayanti, drh., M.Kes. Penyampaian materi dari Dokter Amrozi, dipandu oleh Dr. Hermin Ratnani, drh., M.Kes. sebagai moderator

Peserta Kuliah Tamu, tidak hanya mahasiswa, namun juga dihadiri dosen, dokter hewan alumni, praktisi kuda, dosen dari perguruan tinggi lain serta berbagai kalangan yang berminat mendengarkan pemaparan ini. Kuliah Tamu dihadiri oleh total 363 peserta ini menggugah rasa keingintahuan perihal reproduksi kuda terutama kasus dan penanganannya, termasuk kemajuan pengguanaan teknologi seperti Ultrasonografi dan Inseminasi Buatan untuk menunjang reproduksi kuda di Indonesia. Pada kesempatan diskusi sejumlah besar pertanyaan diajukan peserta kepada narasumber pemateri. Namun karena keterbatasan waktu, tidak semua pertanyaan dari peserta bisa dijawab semua oleh narasumber.

Materi kuliah dibagi menjadi dua chapter, dengan pengenalan sekilas tentang reproduksi kuda diberikan diawal agar narasumber bisa memberikan gamaran sejauh mana perkembangan reproduksi dan teknologi yang digunakan di Indoensia sampai saat ini. Materi selanjutnya lebih dalam membahas tentang kasus reproduksi yang selama ini ditemui dan ditangani oleh drh. Amrozi di lapangan, mulai dari Tumor Techa Granulosa, Hypofungsi, Twinning pada kuda serta banyak kasus lain. Semua jenis penjelasan kasus reproduksi kuda juga disertai foto dan dokumentasi kasus agar peserta terutama mahasiswa lebih memahami alur terjadinya penyakit sampai tindakan pengobatannya.

Rangkuman dari kuliah tamu ini, pemateri berusaha menegaskan bahwa manajemen kesehatan kuda yang salah satunya tentang reproduksi kuda masih tertinggal jauh dari Negara lain seperti New Zealand dan Australia, oleh karena itu perlu lebih banyak lagi praktisi kuda yang muncul dan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan pada kuda, agar kasus penyakit pada kuda bisa ditangani oleh praktisi dengan hitungan menit/jam bukan hari lagi.Viva Veteriner

Hits 60

Terpopuler






Berita Terbaru