Kuliah Tamu Produksi Embrio secara In Vitro dan Prospek Sebagai Embryologist

Embryologist mungkin kata yang asing bagi kebanyakan orang, namun jika mendengar frasa “Bayi Tabung” orang pasti akan mengangguk mengetahui arti frasa tersebut. Embryologist adalah para ahli yang ada dibalik program terjadinya “Bayi Tabung” yang berperan dalam mempertemukan ovum dan spermatozoa sampai berkembang menjadi embrio yang siap untuk ditransfer. Program bayi tabung merupakan sebuah jawaban bagi banyak kerisauan pasangan suami istri yang belum dikaruniai buah hati dalam waktu lama.

Tentu saja menjadi seorang embryologist adalah pekerjaan yang besar, rumit, dan mulia. Mengapa demikian? Bayangkan saja anda terlibat langsung dalam proses perkembangan dan lahirnya seorang individu, belum lagi jika individu tersebut dapat tumbuh dengan sehat dan menjadi orang besar nantinya. Menarik bukan? Tak perlu risau, karena gerbang menuju seorang embryologist terbuka lebar bagi lulusan Kedokteran Hewan. Siapa bilang lulusan kedokteran hewan hanya menangani penyakit pada anjing dan kucing saja? Seorang embryologist dapat bergandengan tangan, bekerja bersama dalam satu tim dengan para dokter spesialis Obstretik dan Ginekologi menyumbangkan keahliannya membantu pasangan infertile untuk mendapatkan momongan. Ayo berkarya dibidang embryologist yang bekerja di klinik Bayi Tabung.

Hal inilah yang mendasari diadakannya “Kuliah TamuProduksi Embrio secaraIn Vitro dan Prospek Sebagai Embryologist” dengan mengundang langsung Guru Besar Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB Universitysekaligus Direktur Laboratorium Morula IVF Jakarta, dan Ketua ISHE (Indonesia Society Human Embriology). Benar sekali, Prof. Drh. Arief Boediono, PhD.PAVet(K) atau akrab dipanggil prof. Arief yang memberikan langsung materi kuliah tamupada Jum’at, 8 Oktober 2021 melalui Zoom Meeting.

Kuliah Tamu diawali dengan menampilkan video profil FKH Unair juga pembukaan oleh MC, Maulida Salsabila Amru selaku Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan sambutan dari Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Dr. Rimayantidrh., M.Kes. Pemberian materi yang menarik ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Widjiati,M.Si., Drh. PAVet(K)

Pemberian materi oleh prof. Arief sangat menarik perhatian perserta Kuliah Tamu, tidak hanya mahasiswa saja yang antusias, dosen hingga alumni tak kalah antusias menyimak materi yang diberikan. Kuliah Tamu yang dihadiri lebih dari 300 peserta ini menggelitik rasa penasaran terutama para mahasiswa yang langsung menyodorkan banyak pertanyaan kepada prof. Arief mengenai materi “Produksi Embrio secara In Vitro dan Prospek Sebagai Embryologist”. Sayang sekali durasi lagi – lagi menjadi momok yang membuat rasa penasaran mahasisswa masih belum terjawab di kesempatan ini. Namun, kami harap dapat bertemu kembali pada kesempatan lain.

Dari kuliah tamu ini, besar harapan yang diberikan kepada para mahasiswa kedokteran hewan untuk dapat bekerja di bidang embriologi nantinya. Viva Veteriner

Hits 57

Terpopuler






Berita Terbaru